Prof Dwi Agustina Soroti Evaluasi Pembelajaran, Sebagai Kunci Mutu Pendidikan Tinggi

YOGYAKARTA || Koranprogresif.id – Pada hari Rabu (23 Juli 2025), telah diselenggarakan kegiatan Evaluasi Pembelajaran yang bertempat di University Hotel, Yogyakarta. Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 WIB dan diikuti oleh 200 peserta yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Swasta (PTKIS) di wilayah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, serta Indonesia Timur.
Acara ini menghadirkan narasumber utama, Prof. Dwi Agustina Kurniawati, selaku Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Dalam paparannya, Prof. Dwi menekankan pentingnya evaluasi pembelajaran sebagai bagian dari siklus penjaminan mutu pendidikan tinggi. Ia juga menguraikan pendekatan-pendekatan evaluatif yang efektif dalam konteks pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang adaptif dan responsif terhadap kebutuhan zaman.
Salah satu sesi penting dalam kegiatan ini adalah presentasi RPS oleh K.H M. Rofik Mualimin, Lc., M.Pd.I, dosen sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Latifah Mubarokiyah.
Dalam presentasinya, beliau menunjukkan bagaimana integrasi nilai-nilai keislaman dan pendekatan andragogik mampu menciptakan desain pembelajaran yang transformatif.
Tanggapan dan komentar konstruktif disampaikan oleh Fatimah, M.Pd., dosen dari IAINU Kebumen, yang memberikan catatan kritis dan apresiasi terhadap format serta substansi RPS yang dipresentasikan. Ia juga menyoroti pentingnya kolaborasi antarperguruan tinggi dalam menyusun dan mengevaluasi kurikulum yang berbasis pada capaian pembelajaran yang terukur dan relevan.
Kegiatan ini berlangsung dengan penuh antusiasme, interaktif dan produktif. Evaluasi pembelajaran bukan hanya dipahami sebagai kewajiban administratif, tetapi sebagai bagian integral dari peningkatan mutu akademik dan pembentukan lulusan yang unggul secara intelektual, spiritual dan sosial. (MRM/Red).