Ekonomi & Bisnis

‎Selama Semester I 2025, KAI Daop 3 Cirebon Layani 2 Juta Penumpang

KOTA CIREBON – Koranprogresif.id – PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat keberangkatan pelanggan KA selama semester I 2025 sebanyak 1.028.533 pelanggan sedangkan yang turun atau datang di stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon berjumlah 1.000.156 pelanggan.

‎”Total pelanggan yang dilayani selama periode semester I 2025 sebanyak 2.028.698 pelanggan, atau naik 3,6 persen dari semester I 2024 dengan jumlah 1.958.321 pelanggan,” kata Manager Humas Daop 3 Cirebon Muhibbuddin.

‎Tercatat jumlah pelanggan per bulannya yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon selama periode semester I 2025 diantaranya, pada Januari mengangkut sebanyak 169.624 pelanggan, Februari 144.341 pelanggan, dan Maret 130.989.

‎”Sementara pada April berjumlah 176,260 pelanggan, Mei 156.890 pelanggan, dan Juni 202.550 pelanggan. Puncak kepadatan penumpang terjadi pada Juni karena terdapat momen liburan sekolah,” jelas Muhib.

‎Sedangkan untuk stasiun yang melayani keberangkatan pelanggan tertinggi di wilayah Daop 3 diantaranya, Stasiun Cirebon sebanyak 404.014 pelanggan, disusul Stasiun Cirebonprujakan sebanyak 182.214 pelanggan. Kemudian Stasiun Jatibarang sebanyak 142.287 pelanggan, Stasiun Brebes 109.153 pelanggan dan Stasiun Haurgeulis sebanyak 70.216 pelanggan.

‎Muhib menambahkan, untuk jumlah penumpang berdasarkan kelas pada Semester I 2025 sebanyak 1.028.533 pelanggan yang terdiri dari kelas eksekutif sebanyak 265.056 penumpang. Sementara untuk kelas bisnis sebanyak 39.540 pelanggan dan kelas ekonomi sebanyak 723.937 pelanggan.

‎Muhibbuddin menyampaikan peningkatan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kereta api sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman untuk bepergian.

‎“Pelanggan yang menggunakan kereta api mengalami peningkatan. Ini bukan sekadar soal angka, tetapi tentang bagaimana kepercayaan publik tumbuh melalui pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman,” ujar Muhib.

‎“KAI Daop 3 Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, agar masyarakat menjadikan kereta api sebagai pilihan utama dalam melakukan perjalanan,” ucap Muhib.

‎Adapun peningkatan layanan yang telah dilakukan, diantaranya pengoperasian Face Recognition Gate, menyediakan layanan minum gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta penataan beberapa stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon.

‎Selain itu ketepatan waktu kedatangan kereta api juga terus ditingkatkan. Pada semester I 2025 rata-rata ketepatan waktu kedatangan kereta api sebesar 96,90 %.

‎“Terima kasih kepada masyarakat dan para pelanggan kereta api atas kepercayaannya menggunakan layanan transportasi kereta api, kami berkomitmen untuk terus berusaha meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi,” pungkas Muhib.
‎(Roni)

Show More

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Menonaktifkan Adblock